-->

Bawang Merah Ternyata Manjur untuk Obat Luka dan Infeksi

Goresan atau tusukan kecil benda tajam pada kulit biasanya  menyebabkan luka. Meskipun kita abaikan, luka itu akan kering dan sembuh dengan sendirinya. Namun dalam beberapa kasus, bila bakteri masuk ke dalam luka, bisa terjadi infeksi. Infeksi menyebabkan luka menjadi kemerah-merahan, bernanah, dan terasa nyeri yang berkelanjutan.

Luka yang terkena infeksi, meskipun lukanya kecil, akan lama sembuhnya, apalagi kalau tidak ada pengobatan khusus. Kebanyakan dari kita, bila ada infeksi luka, untuk mengobatinya kita memakai antibiotik yang dosisnya disesuaikan lukanya. Sebenarnya ada obat infeksi yang mujarab  -untuk infeksi luka kecil- murah, ada di sekeliling kita, dan jumlahnya berlimpah. Bawang merah.

Bawang merah bisa digunakan untuk mengobati infeksi, terutama infeksi pada luka kecil. Salain itu bawang merah juga sangat mujarab untuk mengobati kaki yang sakit karena tertusuk duri. Namun bukan cuma bawang merah, ada bahan-bahan pendukung lain.

Berikut ini cara bahan-bahan yang diperlukan dan cara untuk mengobati infeksi luka dengan bawang merah:
Bahan
  1. Bawang merah 1 siung
  2. Lidi/tusuk gigi
  3. Minyak goreng 1 sendok makan
  4. Api (bisa pakai lampu minyak, kompor elpiji, atau kayu dibakar)
Caranya
  1. Iris 1 siung bawang menjadi 2 bagian.
  2. Tusuk bawang merah, yang telah diiris, dengan lidi/tusuk gigi
  3. Tuang minyak goreng di sendok
  4. Celupkan bawang merah ke minyak goreng. Celup pada bagian yang diiris
  5. Bakar bawang merah, yang telah dicelup ke minyak goreng, kira-kira 20 s.d. 30 detik (sampai air bawang merah dan minyak goreng bergemeletuk)
  6. Tempelkan pada luka yang infeksi. Bila terasa panas, jangan tempelkan terlalu lama yang penting minyak dan air bawang merahnya menempel di luka.

Resep ini sudah saya coba dan terbukti manjur untuk menyembuhkan luka, cantengen, dan bekas tertusuk duri/paku pada kaki.