-->

Cara Menyembuhkan Caplak

Caplak adalah benjolan kecil dikulit, berwarna hitam, keras dan kasar. Bila sering diutak-atik, caplak akan bertambah semakin besar. Caplak memang tidak berbahaya, namun caplak bisa mengganggu pemandangan bila muncul di kulit bagian tubuh yang bisa dilihat orang lain. Misalnya akan cukup mengganggu bila caplak tumbuh di kulit bagian tangan, bila bersalaman dengan orang lain, bisa mengurangi kepercayaan diri kita. Orang lain yang kita ajak salaman seperti selalu melihat caplak kita.

Apalagi kulit tangan anak muda yang kena caplak, meskipun yang menjadi ukuran ketampanan/kecantikan adalah muka, namun kehadiran caplak ini akan lebih terasa mengganggu dan mengurangi kepercayaan diri. Gara-gara caplak, bisa malu bila berkenalan dengan lawan jenis. Bila masih bersekolah, malu presentasi di depan kelas. Bila sudah bekerja, malu presentasi di depan rekan-rekan kerja.

Caplak di tangan bisa saja kita tutupi dengan selalu memakai baju/kaos lengan panjang, tapi apakah kita akan selalu memakai baju/kaos lengan panjang? Tidak juga, kita juga ingin, memakai baju model lain.Kadang ada beberapa orang yang ingin menghilangkan caplak dengan memilih cara cepat yaitu diiris dengan silet atau benda tajam lainnya. Setelah diiris kebanyakan caplak tumbuh lagi,iris lagi, tumbuh lagi, dan caplak bertambah besar dan keras.

Ada resep sederhana yang bisa digunakan untuk melepas caplak tanpa harus diiris, yaitu dengan kapur sirih dan sabun krim colek untuk mencuci piring. Berikut ini caranya:
  1. kapur sirih (injet) satu sendok teh
  2. sabun colek (sabun wings biru) satu sendok teh
  3. campur kapur sirih (injet) dan sabun colek (sabun wings biru) dalam suatu wadah
  4. oleskan campuran tersebut pada caplak
  5. tunggu 10 menit
  6. lepas caplak dengan cara dicubit
Selama campuran kapur sirih (injet) dan sabun colek (sabun wings biru) itu dioleskan di caplak, kulit yang diolesi dan sekitarnya terasa sedikit panas. Rasa panas itu yang membuat caplak akan lepas dengan mudah. Setelah caplak lepas, biasanya kulit bekas lepasan caplak luka. Obati luka tersebut hingga kering dan sembuh.