-->

Cara Mengobati Penyakit Maag dengan Daun Sembukan (Paederia foetida L.)


Seingat saya, saya tidak pernah merasakan penyakit maag. Meskipun kadang jam makan saya tidak teratur, suka makan pedas dan berminyak, suka makan yang asam-asam. Menurut beberapa sumber yang saya baca diinternet dan menurut pengalaman teman yang pernah terkena penyakit maag, makan tidak teratur, makanan pedas, berminyak, dan makanan asam bisa menyebabkan penyakit maag. Mungkin beda orang beda daya tahan tubuhnya terhadap suatu penyakit. 

Selain makanan di atas, ada beberapa yang menyebabkan penyakit maag sering kambuh. Antar lain, ketan, kopi, alkohol. Untuk yang ini saya jarang mengkonsumsinya, apa lagi alkohol, seingat saya saya tidak pernah mengkonsumsinya. Selain makanan dan minuman, merokok dan stress juga bisa menjadi penyebab penyakit maag.

Menurut cerita orang yang menderita penyakit maag, penyakit ini mudah kambuh. Karena penyakit ini menyerang sistem pencernaan yaitu lambung, makanan adalah hal yang sangat perlu dihati-hati dalam memilihnya untuk dikonsumsi.

Penyakit maag, penyakit yang menyerang sistem pencernaan itu umum diderita. Banyak orang yang menderita penyakit maag. Penyakit itu menyerang lambung dan mudah disembuhkan namun bila tidak segera ditangani akan menjadi parah dan sangat mengganggu.

Ada pengalaman dari seseorang yang menderita penyakit maag sejak dia SMA. Menurutnya panyakit maag yang diderita akibat makan yang tidak teratur ketika dia dulu kost. Biasa, anak kost kadang makan cuma dua kali sehari dan jam makannya tidak tentu. Penyakit maagnya itu tidak pernah dia rasakan lagi sejak hamil anak kedua.

Banyak faktor yang menyebabkan penyakit maag.
  1. Makan tidak teratur
  2. Mengkonsumsi alkohol
  3. Merokok
  4. Stress
Makanan yang perlu dihindari
  1. Makanan pedas
  2. Makanan berminyak dan berlemak
  3. Makanan yang rasanya asam
  4. Ketan

Gejala:
  1. Ketika makan cepat merasa kenyang
  2. Perut terasa panas
  3. Sering bersendawa
  4. Nyeri ulu hati
  5. Kembung
  6. Mual

Cara mengobati:
  1. Ambil segenggam daun sembukan.
  2. Lumatkan dengan air kemudian peras.
  3. Ambil perasan 1/4 cangkir dan minum 1 kali sehari