-->

Cara Mengobati Herpes dengan Daun Sembukan (Paederia foetida L.)


Pernah saya merasa kulit bagian paha saya tiba-tiba terasa sakit, perih, dan agak panas. Padahal tidak pernah jatuh atau terbentur sesuatu sebelumnya. Saya tidak tahu penyebanya. Keesokan harinya, kulit yang terasa sakit tersebut melepuh seperti habis terbakar. Di sekeliling lepuhan kulitnya berwarna kemerah-merahan.

Saya tidak hanya sekali terkena herpes. Wajah saya juga pernah terkena herpes. Setelah saya ingat-ingat, saya terkena herpes ketika cuaca saat itu panas dan saya sering berketingat. Mungkin keringat itu yang menyebabkan herpes mudah menyerang. Mungkin juga bisa karena tertular orang lain.

Sebaiknya, ketika udara panas dan lembab, kebersihan kulit dijaga. Selain itu pakaian yang kita pakai juga bersih. Seprei tempat tidur, bantal, guling, kasur juga harus kita jaga kebersihannya. Minimal satu minggu diganti atau di cuci. Sabun, handuk, dan peralatan mandi lainnya jangan digunakan bergantian dengan orang lain.

Saya tanya kepada saudara saya sambil saya tunjukkan. Katanya saya terkena penyakit herpes. Saudara saya itu juga pernah mengalaminya. Kalau diobati, tidak sampai seminggu sudah sembuh. Kata dia herpes itu bisa diobati dengan bedak salicil. Kalau satu hari setelah diobati belum ada perubahan sebaiknya di bawah ke bidan atau ke dokter.

Herpes adalah penyakit yang menyerang manusia ditandai dengan munculnya lepuhan pada kulit dan kulit kering. Kulit yang melepuh terasa gatal, panas dan sakit. Penyebab penyakit ini adalah virus. Selain obat dari bidan atau dokter, daun sirih juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit ini.
Cara mengobatinya adalah sebagai berikut:
  1. Ambil 1 genggam daun sembukan dan daun lampes
  2. Lumatkan dengan sedikit air
  3. balurkan pada kulit yang terkena herpes
Sebaiknya untuk mengobati herpes mintalah resep dari dokter.