-->

Cara Mengobati Mimisan dengan Daun Sirih


Dulu, ketika saya masih SD dan masih senang-senangnya main sepak bola, saya pernah mimisan. Mimisan itu terjadi ketika saya menggiring bola tiba-tiba ada teman saya, ketika itu dia menjadi lawan main, secara tidak sengaja tangannya mengenai hidung saya. Seketika itu hidung saya terasa sakit. Saya menunduk dan kaget ketika kedua lubang hidung mengeluarkan darah segar.

Ada salah satu teman, saya tidak tahu siapa karena menahan sakit, tahu cara menghentikan darah yang mengucur dari hidungku. Dia minta bantuan teman lain untuk meminta daun sirih ke rumah warga yang berada di sekitar lapangan sepak bola. Saya tidak tahun entah berapa anak yang pergi mencari daun sirih waktu itu.

Ketika teman-teman mencari daun sirih, darah masih keluar dari hidung saya. Tidak begitu lama, mereka datang dengan membawa beberapa lembar daun sirih. Salah satu dari temanku menggulung dua lembar daun sirih. Gulungan daun sirih itu kemudian di masukkan ke kedua lubang hidung saya dan saya tidak boleh menunduk. Tidak lama darah yang mengucur dari hidung saya berhenti. Saya tidak meneruskan bermain sepak bola. Saya di pinggir lapangan dan hanya menjadi penonton.

Ketika akan pulang saya ambil dua daun sirih dari lubang hidung saya karena malu dan takut dimarahi orang tua ketika sampai di rumah. Sampai di rumah darah sudah tidak keluar lagi namun hidung masih terasa sakit. Keesokan harinya, saya masukkan jari ke hidung memerikasa apakah masih ada darah, ternyata hanya ada darah kering sisa kemarin.

Selain karena benturan seperti yang saya alami ketika main sepak bola, mimisan juga bisa disebabkan oleh sakit kepala. Ada anak yang sering mimisan ketika badannya panas. Bahkan ada juga yang, tidak tahu penyebabnya apa, tiba-tiba mimisan.

Mimisan dapat diobati dengan daun sirih. Cara mengobatinya cukup mudah. Caranya adalah:
  1. Ambil 2 daun sirih yang segar
  2. Cuci bersih
  3. Remas dan gulung daun sirih
  4. Masukkan ke lubang hidung